page contents

Trend Terbaharu ! Cara Dropship Automatik Dan Jana Duit Dengan Shopee.

Wednesday 9 March 2016

MENGENAL HABITAT DAN KEBIASAAN NYAMUK DEMAM BERDARAH

Anda boleh mengenali ciri-ciri nyamuk kecil Aedes aegypti yang menyebabkan ini dengan memerhatikan pola belang-belang putih di sekitar tubuh dan kakinya. Nyamuk ini menularkan virus demam berdarah ke manusia melalui gigitan kecilnya ke dalam kulit. Nyamuk demam berdarah yang bertanggung jawab terhadap penularan tersebut adalah nyamuk betina, bukan nyamuk jantan. Ini karena nyamuk betina mengunakan darah untuk memproduksi telur.
Mengenal Habitat dan Kebiasaan Nyamuk Demam Berdarah Agar Mudah Menanggulanginya - alodokter

Kehidupan sehari-hari nyamuk demam berdarah

Kalau di rumah atau teras rumah terdapat tempat-tempat yang banyak airnya atau boleh dijadikan tempat penampungan air, itu dia habitat telur nyamuk demam berdarah untuk berkembang menjadi nyamuk dewasa. Contohnya, pohon dengan lubang pada batangnya, toilet, ban kendaraan yang sudah tidak terpakai, pot tanaman, tempat minum hewan peliharaan, mainan, vas, kolam renang, tempat sampah, dan lain sebagainya.
Nyamuk demam berdarah ini kemungkinan juga lebih suka berdiam dan berkembang biak dengan cepat di daerah yang panas dan lembap. Berdasarkan penelitian, nyamuk demam berdarah betina ini senang menghabiskan hidupnya di dalam atau sekitar rumah dan boleh terbang rata-rata sejauh 400 meter. Infeksi virus nyamuk demam berdarah biasanya lebih tinggi jika korban berada di luar ruangan dan pada siang hari. Namun, bukan berarti nyamuk Aedes aegypti tidak bisa berkembang biak di dalam ruangan atau menggigit di malam hari.
Nyamuk demam berdarah paling aktif mencari mangsa sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Atau boleh juga menggigit pada malam hari di lokasi berpenerangan baik. Selain manusia, nyamuk Aedes aegypti juga dapat menggigit anjing dan hewan mamalia peliharaan lainnya.

Membasmi sarang nyamuk demam berdarah

Penyakit demam berdarah bisa dicegah dengan membasmi habitat atau sarang nyamuk Aedes aegypti. Caranya:
  • Seminggu sekali, periksa dan buang genangan air di setiap tempat yang bisa dijadikan penampungan air di luar dan dalam rumah.
  • Tutup wadah penampungan air agar nyamuk tidak bisa masuk untuk bertelur dan berkembang biak.
  • Buang barang-barang yang sudah tidak terpakai.
  • Jika di rumah ada septic tank, segera perbaiki celah atau retakan yang ada.
  • Halangi agar nyamuk demam berdarah tidak masuk rumah dengan menutup lubang ventilasi, jendela, dan pintu, menggunakan kasa nyamuk, menutup lubang-lubang termasuk lubang pipa, dan menyalakan AC jika tersedia.
  • Memakai pakaian bertangan panjang, celana panjang, kaus kaki di jam-jam aktif nyamuk demam berdarah.
  • Mengoleskan salep atau gel antinyamuk ke tubuh.
  • Menanam tumbuhan antinyamuk seperti serai, bunga tahi ayam, seledri, lavender, catnip, dan lain-lain.

p/s: 

Mencegah Denggi...
Kenapa harus kita membunuh nyamuk atau virus denggi yang menjadi punca demam denggi atau demam berdarah dan adakah mencegah penyakit ini dengan memberantas tempat tinggalnya?
Membunuh nyamuk aedes atau virus denggi tidak akan berubah apa kepada badan manusia, kerana imuniti badan seseorang sudah lemah.
Jikalau seseorang sudah di jangkiti virus denggi, tingkatkan imuniti badan dan dapat melawan apa jua virus yang datang.Baik mencegah dari merawat penyakit kerana kos akan meningkat jika sudah parah.
Oleh itu sama sama kita membendung denggi dengan meningkatkan imuniti badan kita sendiri.. sebelum terlambat

No comments:

Post a Comment